Perbandingan Cara Mengasuh Bayi, Ibu di Indonesi dengan Ibu di Jepang

赤ん坊の運ぶ方
cara menggendong bayi



インドネシア (おお)くの母親(ははおや)(あか)(ぼう)(まえ)()く。おんぶしたり、乳母車(うばぐるま)()せることもあ
る。なお、(おんな)荷物(にもつ)頭上(ずじょう)のせて(えら)ぶことがある


ARTI :

Hampir semua ibu menggendong bayinya di depan. Menggendongnya di belakang dan menggunakan kereta bayi juga ada. Selain itu, ada juga perempuan yang membawa barangnya di kepala, ketika ia menggendong bayinya.


Anak diasuh pembantu.
Pembantu tentu saja tidak punya kekuasaan dan kemampuan untuk melarang dan mendidik. Dan banyak orang tua yang terlalu menyerahkan anaknya kepada pembantu karena tidak ingin repot, tidak ingin diganggu waktunya sehingga anak kurang mendapat perhatian dan pengawasan.
Suka menyusui anak di tempat umum
Ibu-ibu di Indonesia, ketika menemukan anaknya sedang menangis atau rewel, mereka akan melakukan cara untuk membuatnya diam, entah itu dengan menggendongnya mengayun-ayunkannya secara halus, dan memberinya sebuah barang untuk dipegang sang bayi dengan harapan bayinya akan berhenti menangis. Tapi jika cara itu juga tidak berhasil, mereka akan menyusui bayinya dengan membuka sebagian bajunya meskipun berada ditempat umum.
Suka menitipkan anak ke tetangga atau sanak keluarga
Para ibu di Indonesia, ketika mereka hendak keluar mereka biasanya akan menitipkan anaknya ke tetangga atau ke sanak keluarganya yang lain. Entah itu saudaranya dan lain sebagainya.

Kalau di Jepang :
Tidak memakai jasa pengasuh bayi
Mereka mengasuh dan mendidik anak-anak itu tanpa bantuan pembantu atau baby sitter. Bukan karena tenaga pembantu atau baby sitter mahal disana, tapi justru karena pemahaman mereka akan pentingnya mendidik anak yang memang menjadi tanggung jawab mereka.

Tidak menyusui bayinya ditempat umum
Bayi selalu digendong atau dipangku oleh ibunya. Kalau bayinya rewel, sang ibu akan berdiri dan menggendongnya. Di Jepang, ibu-ibu tidak pernah menyusui bayinya di tempat umum.

Ibu selalu bersama anaknya
Dari lahir, anak-anak selalu bersama ibunya. Mereka tidak pernah luput dari pengawasan sang ibu. Ibu-ibu di Jepang disiplin sekali terhadap anak-anaknya dan kedisiplinan ini diajarkan sejak dini. 


Dafrtar referensi :

Tidak ada komentar:

Sejarah dan Tradisi Yakuza

Yakuza Yakuza dari  bahasa Jepang : ( やくざ atau ヤクザ ) atau gokudō ( 極道 ) adalah nama dari  sindikat  terorganisir di Jepang.  Orga...